Beberapa Pengertian mengenai
MULTIMEDIA
I.
Pengertian
Multimedia
Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan
dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu
(tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat bernavigasi, berinteraksi,
berkarya dan berkomunikasi (Hofstetter 2001).
II.
Konsep
Dasar Multimedia
Dalam buku milik Campbell (2013) berjudul "Multimedia, Photojournalism and visual storytelling"
dijelaskan bahwa multimedia merupakan sebuah gabungan atau kolaborasi antara teks,
gambar, audio (suara), video, animasi sehingga menciptakan presentasi atau
sebuah cerita yang interaktif
III.
Pemanfaatan
Multimedia
Dalam dunia komputer, multimedia berarti menggunakan media
komputer untuk menggabungkan informasi berupa teks, gambar, suara, ataupun
video.
Nah, untuk lebih jelasnya, langsung saja yuk kita bahas apa
saja sih pemanfaatan multimedia dalam berbagai bidang?
1.
Teknik
Dalam bidang teknik, multimedia
seringkali dimanfaatkan untuk membuat ssebuah simulasi dengan membuat gambar 2
dimensi atau 3 dimensi. Untuk manfaat ini, biasanya digunakan pada teknik
sipil, teknik industri, dan teknik mesin. Sementara, pada teknik elektro,
multimedia ini dimanfaatkan untuk menggambarkan sebuah gelombang.
2.
Kedokteran
Multimedia
pada dunia kedokteran digunakan untuk menggambarkan gelombang detak
jantung, scanning tubuh manusia menggunakan sinar X, dan
juga penggambaran objek berukuran sangat kecil menggunakan mikroskop yang
terhubung ke komputer. Bahkan, multimedia saat ini juga banyak dimanfaatkan
untuk keperluan sistem di rumah sakit ataupun apotik, misalnya sebagai untuk
mengelola stok obat.
3.
Bisnis
Dalam dunia bisnis, multimedia sering dimanfaatkan
untuk pembuatan iklan agar terlihat lebih menarik dan menarik minat masyarakat.
Dalam dunia digital, penggunaan multimedia untuk iklan bisa berupa video
ataupun iklan animasi. Selain untuk iklan, multimedia juga seringkali digunakan
untuk keperluan presentasi. Dengan menambahkan gambar atau animasi secukupnya,
maka tampilan presebtasi akan terlihat lebih menarik dan tidak membosankan.
4.
Hiburan
Siapa yang suka bermain game? Nah,
jika kamu termasuk di antaranya, sebenarnya secara tidak langsung kamu sedang
memanfaatkan multimedia. Tidak hanya game digital saja, jika kamu sedang
menonton video atau film sekalipun, sebenarnya kamu sedang memanfaatkan
multimedia.
5.
Pendidikan
Tidak berbeda jauh dengan
pemanfaatan multimedia untuk keperluan presentasi, dalam dunia pendidikan,
multimedia juga digunakan oleh tenaga pengajar sebagai media penyampaian
materi. Hal ini, akan membuat murid dapat semakin mudah menangkap materi yang
disampaikan oleh tenaga pengajar, karena tampilannya menarik dan tidak membuat
ngantuk.
Dalam dunia digital, penggunaan multimedia untuk iklan bisa berupa video ataupun iklan
animasi. Selain untuk iklan, multimedia juga seringkali digunakan untuk keperluan presentasi.
IV.
Multimedia
dalam Pendidikan
Penggunaan multimedia
dalam proses pendidikan memang sebaiknya diimplementasikan, karena akan lebih
meningkatkan kualitas hasil dari proses pendidikan tersebut.
Proses pembelajaran berdasarkan multimedia adalah sebuah desain pembelajaranyang dibuat guna untuk
menjembatani dan memudahkan peserta didik dalam belajar. Dengan menggunakan multimedia sangat memungkinkan partisipasi,
konsentrasi, dan minat siswa dapat meningkat.
Kehadiran multimedia
sebagai salah satu produk teknologi informasi dan komunikasi (TIK) di bidang
pendidikan disambut gembira, karena peranannya dalam membantu mencapai tujuan
pendidikan, Komputer yang dulu dikenal hanya sebatas pengolah kata (word
processing) saja, saat ini telah bergeser dengan kemampuannya dengan mengakses
program pembelajaran apapun dalam multimedia.
Sajian multimedia dapat
diartikan sebagai teknologi yang mengoptimalkan peran computer sebagai media
yang menampilkan teks, suara, grafik, video, animasi dalam sebuah tampilan yang
terintegrasi dan interaktif. Konsep multimedia diberikan dalam gambar berikut:
Keistimewaan
Multimedia dalam Pendidikan
Multimedia mempunyai
beberapa keistimewaan yang tidak dimiliki oleh media lain. Diantara keistimewaan
itu adalah:
·
Multimedia
menyediakan proses interaktif dan memberikan kemudahan umpan balik.
·
Multimedia
memberikan kebebasan kepada pelajar dalam menentukan topic proses pembelajaran.
·
Multimedia
memberikan kemudahan control yang sistematis dalam proses pembeljaran.
·
Multimedia
dapat membantu sisiwa mempelajari bahan pelajaran yang luas, yang memuat
berbagai konsep, fakta, prinsip, sikap keterampilan, disamping banyak macam
ragamnya juga sangat bervariasi, sehingga memerlukan berbagi media untuk menyampaikannya.
·
Multimedia
dapat menumbuhkan motivasi belajar, sikap dan cara belajar yang lebih efektif
serta menumbuhkan persepsi yang lebih tinggi terhadap hal yang dipelajari.
V.
Multimedia
untuk Aplikasi Umum
Multimedia
untuk aplikasi umum adalah aplikasi yang dirancang serta dibangun dengan
menggabungkan elemen-elemen seperti : dokumen, suara, gambar, animasi serta
video. Pemanfaatan dari aplikasi multimedia dapat berupa company profile, video
untuk tutorial, e-Learning, maupun Computer Based Training.
Perkembangan
bandwidth internet juga memberi dampak yang sangat baik bagi perkembangan
aplikasi multimedia, sehingga aplikasi ini mulai digabungkan sebagai fasilitas
penunjang dalam aplikasi berbasis web. Melalui aplikasi berbasis web, user
dapat berinteraksi dalam mengakses serta melengkapi content/isi dari web
tersebut. Dalam perkembangannya multimedia mencakup juga perangkat output
berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi baru ini mencampurkan berbagai
jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip
dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer,
alat ini menjadikan feromon-feromon bau sebagai pengganti tinta. Output bukan
berupa cetakan melainkan aroma.
penerapan multimedia
menurut vaughan (2004, P4), dalam kehidupan sehari-hari manusia, yaitu dalam :
1. bisnis : aplikasi multimedia dalam bisnis
meliputi presentasi, pengajaran, pemasaran, periklanan, demo produk, database,
catalog, instan message dan komunikasi jaringan. tidak ketinggalan video
conference yang memungkinkan adanya tatap muka tanpa harus berada didalam suatu
tempat yang sama. dengan adanya aplikasi multimedia inilah,
perusahaan-perusahaan dapat menjalani bisnisnya lebih lancar.
2. pendidikan : mengubah proses belajar
mengajar yang konvensional menjadi lebih menarik dan interaktif, sehingga
proses belajar - mengajat tidak terlalu monoton seperti selama ini yang
dilakukan disekolah-sekolah pada umumnya. contohnya seperti aplikasi multimedia
untuk meningkatkan kemampuan membaca
pada anak-anak. aplikasi tersebut dapat disisipkan animasi-animasi yang
tentunya menarik bagi anak-anak sehingga dapat menbantu meningkatkan minat
mereka dalam membaca maupun belajar hal lainnya.
3. rumah
: aplikasi multimedia dalam rumah sangat beraneka ragam. contohnya komputer
yang menggunakan CD-ROM atau DVD-ROM sebagai alat penyalur multimedia. terdapat
juga mesin-mesin permainan yang menggunakan televisi sebagai penyalur
multimedia, seperti : sega, nintendo, playstation, x-box, dan sebagainya dimana
semua permainannya menggunakan elemen-elemen multimedia.
4. tempat
umum : aplikasi multimedia di tempat umum dapat berupa kios informasi seperti
yang terdapat pada hotel-hotel, pusat perbelanjaan, museum, pusat hiburan dan
sebagainya. aplikasi-aplikasi tersebut dapat berguna untuk memberikan
informasi-informasi dan bantuan mengenai tempat yang bersangkutan. misalnya
kios informasi pada pusat hiburan yang memberikan letak-letak suatu toko atau
sarana hiburan yang terdapat dalam cakupan wilayah kios tersebut.
kinetik (gerak) dan bau
yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur
kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan
dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi
membangkitkan sens rialistis. Bau mulai menjadi bagian dari multimedia sejak
ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input
penditeksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil digitizing bau tersebut
melalui internet.
VI.
Internet
based atau Berbasis Internet
Pengertian Internet dan
Intranet
Beberapa pengertian
internet :
1. Internet adalah sumber
daya informasi yang menjangkau seluruh dunia di mana antara satu computer
dengan computer lain di dunia dapat saling berhubungan atau berkomunikasi.
2 Internet adalah kumpulan computer yang
terhubung yang satu dengan yang lain dalam sebuah jaringan yang sangat luas.
Secara fisik disebut sebagai jarring laba-laba (The Web) yang menyelimuti bola
dunia dan terdiri atas titik-titik (node) yang saling berhubungan. Noda bisa
berupa computer, jaringan lokal atau peralatan komunikasi, sedangkan garis
penghubung antar simpul disebut sebagai tulang punggung (backbone) yaitu media
komunikasi terrestrial (kabel, serat optic, microwave, radio link) maupun
satelit. Node terdiri atas pusat informasi dan database, peralatan computer dan
perangkat interkoneksi jaringan serta peralatan yang dipakai pengguna untuk
mencari, menempatkan dan atau bertukar informasi di internet.
Menurut lani Sidharta (1996) walaupun secara
fisik internet merupakan interkoneksi antar jaringan computer namun secara umum
internet harus di pandang sebagai sumber daya informasi. Isi internet adalah
informasi, dapat dibayangkan sebagai suatu data base atau perpustakaan multimedia
yang sangat besar dan lengkap. Bahkan internet dipandang sebagai dunia dalam
bentuk lain (maya) karena hampir seluruh aspek kehidupan didunia nyata ada di
internet seperti bisnis, hiburan, olahraga, politik, dan lain sebagainya
Pengertian
intranet
Intranet adalah konsep
LAN yang mengadopsi teknologi internet, diperkenalkan pada akhir tahun 1995.
khoe Yao Tung (1997) mengatakan intranet adalah LAN yang menggunakan standar
komunikasi dan segala fasilitas internet diibaratkan berinternet dalam lingkungan
lokal. Intranet umumnya juga terkoneksi ke internet, sehingga memungkinkan
pertukaran informasi dan data dengan jaringan, intranet lainnya
(Inaternetworking) melalui backbone internet.
Kompatibilitas intranet
(sebagaimana internet) sangat tinggi terhadap sistem lainnya, sehingga mudah
diterapkan, dipelajari, dikembangkan, dan dikonfigurasi ulang. Dukungan
aplikasi, program, dan sistem operasi yang luas akibat dari popilaritas
internet menjadikan intranet sebagai masa depan LAn. Keistimewaan fasilitas intranet
yang tidak terdapat pada jaringan lokal (LAN) konvensional adalah :
·
Tampilan WEB (garis, multimedia) pada
sistem operasi, navigasi, aplikasi maupun databasenya.
·
Fasilitas standar internet : surat
elektronik (E-mail),transfer file (FTP), emulasi terminal jarak jauh
(Telnet,Rlogin), pengendalian peralatan network jrak jauh (SMNP)
·
Aplikasi internet yang kaya seperti search
engine, mailing list, newsgroup, archive, gopher, wais dan sebagainya
·
Script programming universal Common
Gateway Interface (CGI), Perl, Visual Basic, C, dan Jave yang mendukung operasi
database
·
Dukungan integrasi database dan
kompatibilitas dengan peraangkat lunak yang telah ada seperti dengan Foxpro,
SQL maupun Oracle.
·
Teknologi LAN seperti manajemen database,
sistem terdistribusi, client server, sharing resource and peripheral tetap
dipertahankan.
Hal yang sangat penting
untuk diketahui dalam internet adalah penerapan Standar Komputasi Terbuka (Open
Computing Standard). Karena internetworking dan internet mengintegrasikan semua
sistem, jenis dan tipe computer yang ada di dunia, maka harus ada standar yang
menjamin computer dapat saling berbicara satu sama lain dalam bahasa yang sama.
Menurut Drew Heywood
(1996), standar bahasa computer universal telah dikembangkan sejak 1969,
terdiri atas serangkaian protocol komunikasi disebut Transfer Control Protocol
yang bertugas mengendalikan transmisi paket data, koreksi kesalahan dan
kompresi data dan internet protocol yang bertugas sebagai pengenal (identifier)
dan pengantar paket data ke alamat yang dituju.
Protokol TCP/IP
menyatukan bahasa dank ode berbagai computer di dunia, sehingga menjadi standar
utama jaringan computer. TCP/IP berkembang cepat dan kaya fasilitas karena
bersifat terbuka, bebas digunakan, ditambahkan kemampuan baru oleh siapa pun
dan gratis karena tidak dimiliki oleh siapa pun. Menurut Khoe Yao Tung (1996),
Drew Heywood (1996), dan Adrew S. Tanenbaum (1996) fungsi utama protocol TCP/IP
sebagai berikut
·
File Transfer Protocol (FTP) yaitu
fasilitas transfer file computer.
·
Surat elektronik (E-mail) atau fasilitas
surat menyurat antar computer yang terdiri atas Simple Mail Transfer Protocol
(SMTP) sebagai dasar komunikasi e-mail, Multi Purpose Internet Mail Extensions
(MIME) yaitu standar format biner grafik, dan suara agar dapat ditransmisikan
melalui e-mail, Post Office Protocol (POP) yaitu sistem penerima e-mail,
Network News Transfer Protocol (NNTP) sarana pertukaran berita, artikel dan
diskusi melalui e-mail.
·
Emulasi terminal jarak jauh (Telnet,
Remote Login) yang memungkinkan suatu computer (client) untuk masuk dan
mengendalikan host yang terletak jauh darinya, misalnya pada network yang lain
atau di internet.
·
Simple Network Management Protocol (SMNP)
yaitu protocol pengendalian peralatan network jarak jauh. Drew Heywood (1996)
menyebutkan : fungsi utama itu masih diikuti dengan fasilitas Domain Name
system (DNS), yaitu metode penamaan dan pengalamatan suatu network berdasarkan
kelompoknya.
Sedang Andrew S.
Tanenbaum (1996) memberi pengertian fungsi secara singkat : aplikasi TCP/IP
menghasilkan 4 fasilitas penting : E-mail, News, Remoter Login, dan Transfer
File. Semula tampilan Internet masih
berupa teks murni, revolusi terjadi ketika WEB atau World Wide Web (WWW –
tampilan gratis dan multimedia di internet) diperkenalkan.
B. WEB dan HTML
Menurut Sampurna (1996),
WEB adalah sekelompok kode berbasis teks yang sederhana dan universal, disebut
Hypertext Markup Language (HTML). Karena berbasis teks, HTML dapat dikenali dan
diterjemahkan oleh segala jenis computer dalam bentuk tampilan informasi yang
sama. HTML adalah kreasi Tim Berners Lee, ilmuwan European Laboratory for
Particle (CERN – organisasi penelitian 18 negara Eropa) di Geneva, Swiss. Maret
1989 Tim, memperkenalkan WEB dan HTML sebagai standar antarmuka distribusi
informasi di internet yang mampu menggabungkan teks, grafik, dan multimedia
dengan metode navigasi menu pada mesin UNIX.
HTML adalah bahasa kode
pemrograman yang menjadi dasar bagi terwujudnya WEB. Dengan HTML seluruh sistem
computer yang saling berbeda dapat mengenali format-format yang ditampilkan
dalam situs-situs internet tanpa perbedaan yang berarti, termasuk di dalamnya
penampilan multimedia (grafik, suara, dan citra video). HTML berbasis teks yang
sangat sederhana dan praktis, sehingga dapat dipahami oleh berbagai jenis
computer dalam platform sistem yang berbeda.
Dokumen HTML mengandung
perintah-perintah teks yang disebut tag untuk menampilkan tulisan, gambar,
warna, suara, video, animasi, serta link yang menghubungkan berbagai topic.
Dengan bentuk hypertext maka halaman internet (Web Site – Kios Internet) akan
dapat dibangun dengan cepat serta ditampilkan dengan cantik. Dalam konsep
hypertext ini pembacaan suatu dokumen tidak harus urut namun bisa meloncat
antar topic bahkan diprint maupun copy ke media penyimpan lokal (harddisk
misalnya). Format hypertext juga memungkinkan pemakai mesin yang hanya bisa
mengenali teks untuk mengakses dokumen dalam bentuk teks saja. Perbedaannya
hanya terletak pada tidak ditampilkannya gambar, grafik, animasi, video, suara dan
warna.
C. Browser WEB
Atas bantuan National
Center for Supercomputing Applications (NCSA), Mei 1993 standar ini diwujudkan
dalam bentuk software yang disebut MOSAIC, MOSAIC adalah browser pertama WEB
dan diaplikasikan multiplatform UNIX, NeXT, Windows, dan Macintosh. Browser
adalah program penterjemah HTML menjadi tampilan WEB (teks, grafis dan
multimedia) di layer computer pemakai. Creator MOSAIC adalah Mark Andreesen,
pada tahun 1994 bergabung dengan Jim Clark, yaitu salah seorang pendiri Silicon
Graphics. Mereka kemudian membuat browser WEB komersial pertama, yaitu Netscape
Navigator yang dengan segera menggeser popularitas MOSAIC. Hingga saat ini
Netscape adalah browser paling popular dan menjadi pelopor di bidangnya.
v Fasilitas di Internet
1.
World Wide Web (WWW)
World Wide Web (WWW)
adalah dokumen-dokumen internet yang disimpan di seluruh dunia. Dokumen web
tersebut dibuat dengan format hypertext dan hypermedia dengan menggunakan HTML
(Hypertext Markup Language).
2.
Search Engine
Sebuah search engine
adalah host yang berisi koleksi daftar alamat internet yang telah ditata
sedemikian rupa menurut indeks dan kategori topic tertentu. Pemakai layanan ini
dapat mencari alamat, topic, dan informasi yang diinginkannya di seluruh
internet hanya dalam waktu beberapa saat saja. Syaratnya hanya mengisikan
sebuah atau beberapa kata, frase maupun kalimat kunci (keyword) mengenai
informasi yang dicarinya tersebut.
3.
Electronic Mail (E-mail)
Aplikasi internet untuk
sarana surat menyurat dalam bentuk elektronik.
4.
Mailing List atau Milis
Mailing list adalah
aplikasi internet yang digunakan sebagai diskusi atau bertukar informasi dalams
atu kelompok melalui email. Setiap email akan dikirim ke alamat milis lalu
dikirimkan ke seluruh alamat email yang terdaftar sebagai anggota milis
tersebut.
5. Newsgroup
Newsgroup adalah aplikasi
internet yang digunakan untuk berkomunikasi satu dengan yang lainnya dalam
sebuah forum. Biasanya forum newsgroup mempunyai kepentingan dan ketertarikan
untuk membahas topic-topik tertentu.
6. Bulletin
Board System atau BBS
BBS adalah tempat
menyimpan pesan atau file yang sesuai dengan topic yang sudah ditentukan.
Terdapat ribuan BBS di seluruh dunia. Setiap BBS memiliki seorang
“Administrator”. Untuk memanfaatkan BBS, seorang individu bisa menghubunginya
melalui Telnet dan memilih dari sistem menu.
7. Telnet
Fasilitas ini digunakan
untuk masuk ke sistem computer tertentu dan bekerja pada sistem computer yang
lain. telnet dapat digunakan apabila kita mempunyai IP address dari computer
yang diakses serta mempunyai hak akses (User ID dan password).
8. Cathing
Fasilitas ini digunakan
untuk berkomunikasi secara langsung dengan orang lain dalam internet. Pada
umumnya fasilitas ini sering digunakan untuk bercakap-cakap atau ngobrol di
internet.
9. File
Tranfer Protokol (FTP)
Fasilitas ini digunakan
untuk mengambil arsip atau file secara elektronik atau transfer file dari satu
computer ke computer lain di internet.
10.
Gopher
Gopher adalah aplikasi
yang digunakan untuk mencari informasi, menempatkan informasi yang disimpan
pada internet server dengan menggunakan hierarki menu serta mengambil informasi
tersebut.
11.
PING (Packet Internet Gopher)
Digunakan untuk
mengetahui apakah computer yang kita gunakan mempunyai hubungan (terkoneksi)
dengan computer lain di internet.
Dari aplikasi-aplikasi di
atas, kita dapat mengetahui kegunaan internet di antaranya sebagai berikut :
Sarana untuk mendapatkan
data dan menyampaikan informasi dengan cepat dan murah.
Ø Mengurangi
biaya kertas dan biaya distribusi.
Ø Sebagai
media promosi.
Ø Sarana
komunikasi yang efektif.
Ø Sebagai
alat research and development.
Ø Sarana
untuk mempertukarkan data.
“Sekian Dan Terimakasih”
No comments:
Post a Comment